Mengenal Microsoft Excel
DASAR DASAR
MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis
meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan
manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan
permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih
kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana
kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga
barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga diselesaikan menggunakan
Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan proses perhitungan,
tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh
permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan keuangan
(general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen data dengan
menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis
ataupun logika pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek
juga dapat memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel agar
proses penggunaan lebih mudah.
1. Cell
A. SEL BEBAS
yaitu apabila di copy/drag rumusnya ketempat lain akan berubah sesuai
kondisinya. pada relatif
tidak menggunakan simbol absolute ($)
B. SEL SEMI ABSOLUTE
Alamat sel semi absolut adalah alamat sel
campuran relatif dan absolud , yaitu hanya absolut pada baris atau kolom saja.
Contoh
: Sel C$4 adalah : Sel yang
hanya absolut pada baris 4 dan relatif pada kolomnya C. Dengan maksud bahwa ketika rumus yang memuat alamat sel C$4
dicopy maka alamat kolom C berubah
dan alamat baris 4 tetap.
C. SEL ABSOLUTE
Yaitu alamat cell nya bersifat tetap ketika didrag/dicopy rumus - rumus nya. Menggunakan dua simbol absolute ( $) pada baris dan kolomnya
Yaitu alamat cell nya bersifat tetap ketika didrag/dicopy rumus - rumus nya. Menggunakan dua simbol absolute ( $) pada baris dan kolomnya
2. Operasi Matematika Dalam Excel
3. URAIAN








Komentar
Posting Komentar